Cara Posting di Social Media Facebook, Instagram - Online Marketing Guidance

Cara Posting di Social Media Facebook, Instagram - Online Marketing Guidance


Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial menjadi salah satu metode terbaik untuk mempromosikan produk ataupun jasa. Generasi saat ini yang menghabiskan banyak waktu berselancar di media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter, dan lain sebagainya menjadi peluang yang besar untuk memperkenalkan dan menawarkan produk yang Anda miliki.

Nah, pada kesempatan kali ini Wolacom bagikan cara dan tips membuat posting di media sosial Facebook dan Instagram, berikut ulasannya:

Cara posting di social media Facebook

Layanan jejaring sosial yang diluncurkan sejak bulan Februari 2004 ini telah memiliki pengguna aktif lebih dari satu milyar. Beragam fitur di situs ini sangat mempermudah bertukar informasi, tak heran media ini juga dapat dijadikan sarana jitu untuk marketing.

- Persiapan akun.

Tahap pertama yang harus dipersiapkan sebelum mempromosikan produk dan jasa adalah melengkapi informasi bisnis Anda. Berikan informasi yang jelas pada Akun Fanpage. Termasuk kontak, alamat, informasi bisnis, syarat dan ketentuan, cara pemesanan, foto profil, dan banner yang jelas.

Persiapan Akun Melengkapi Informasi

- Persiapan produk.

Produk harus berkualitas, baik dari pelayanan, packaging, dan aspek lainnya. Lengkapi pula informasi produk dan gambar yang menarik. Pastikan kualitas gambar jelas dan mudah diakses. Selain itu update stock secara berkala juga diperlukan agar pembeli tidak kecewa akibat barangnya tidak tersedia.

- Analisa.

Pelajari kompetitor dan target pasar. Kumpulkan data mengenai kekurangan dan kelebihan produk Anda dan produk kompetitor, selanjutnya lakukan perbaikan. Pelajari pula postingan yang paling menarik pelanggan, termasuk gaya bahasa dan waktu posting. Kemudian aplikasikan pada postingan Anda.

- Promosi.

Buat content marketing seperti informasi dan tips menarik terkait produk dan jasa Anda. Yakinkan viewers bahwa produk dan jasa Anda adalah solusi tepat untuk masalah ada pada postingan yang Anda buat. Lakukan pula posting di grup yang berhubungan dengan produk yang dijual serta gunakan Facebook Ads.

- Evaluasi.

Lakukan evaluasi agar penjualan lebih maksimal. Terapkan review produk, inventarisasi ulang dan urutkan produk sesuai dengan kebutuhan. Jika perlu, Anda bisa membuat target baru setiap bulan untuk mengetahui perkembangan bisnis Anda secara berkala.

Serahkan Promosi Produk Anda dengan Facebook Ads dari Wolacom!


Cara posting di social media Instagram

Aplikasi berbagi foto dan video yang dirilis tahun 2010 ini merupakan media promosi yang sangat tepat untuk produk generasi kekinian. Jumlah pengguna Instagram Indonesia yang mencapai 61 juta, dan satu milyar di seluruh dunia inilah yang menjadi alasan menjanjikan bagi para pebisnis untuk mempromosikan produknya di platform ini.

Untuk memulai bisnis aplikasi Instagram, sebaiknya menggunakan Instagram bisnis.

- Buat akun Instagram Bisnis

Download aplikasi Instagram.

Pilih Sign Up, masukkan alamat email, dan klik Next.

Masuk ke aplikasi, pilih Settings atau Pengaturan. Pilih Akun, scroll hingga bawah dan pilih Switch to Businesss Account.

Tambahkan informasi penting, seperti waktu bisnis, alamat, dan nomor telepon.

- Lengkapi username, bio, dan profil foto.

Sediakan informasi terlengkap terkait bisnis Anda.

- Follow akun Instagram lainnya.

Perluas jangkauan audience dengan follow akun yang berkaitan dengan bisnis Anda.

- Update Story atau Foto secara berkala.

Posting beragam informasi terkait produk ataupun tips menarik. Pilihlah tema atau konten yang menarik serta konsisten. Baik story dan post memiliki peran penting dalam engagement akun Anda. Gunakan kata secukupnya agar tidak membosankan.

Update Story Atau Foto Secara Berkala

- Atur fitur highlight.

Permudah audience memperoleh informasi penting terkait bisnis Anda melalui fitur highlight. Tentukan beberapa tema atau topik pada setiap highlight.

Atur Fitur Highlight

- Sertakan hashtag.

Selain konten yang menarik, permudah audience menemukan postingan Anda dengan menyertakan hashtag yang sesuai dengan isi postingan dan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sertakan Hashtag

- Waktu posting.

Tentukan waktu posting berkala. Pilihlah waktu posting yang tepat tanpa mengganggu follower dengan update berlebihan. Anda dapat mengamati engagement (termasuk likes dan comments) untuk mengetahui waktu terbaik posting.

- Konten bertema dan desain menarik.

Buat audience betah di feeds Anda dengan konten dan desain yang menarik. Anda dapat menggunakan warna atau tema yang senada.

Konten Bertema Dan Desain Menarik

- Review berkala

Periksa performa postingan Anda pada Insights untuk mengetahui jangkauan dan engagement atau keterlibatan pelanggan sehingga dapat mempelajari perilaku dan demografis audience.

- Promote

Gunakan fitur promote untuk mengiklankan produk Anda di aplikasi Instagram. Anda dapat memilih target audience sesuai dengan kebutuhan.

Melakukan Promote

Percayakan Promote Produk Anda dengan Instagram Ads dari Wolacom!


Artikel Pilihan Lainnya

Guidelines Customer Service Online Shop - Online Marketing Guidance Wolamart
On Thu,30 July 2020

Info / Guidance Customer Service Online Shop

Cara Membuat Account Marketplace Tokopedia, Shopee & Bukalapak - Online Marketing Guidance
On Fri,03 July 2020

Tips dan Trik / Cara Membuat Account Marketplace Tokopedia, Shopee & Bukalapak - Online Marketing Guidance

Trik Berjualan melalui Status Whatsapp - Online Marketing Guidance
On Thu,02 July 2020

Tips dan Trik / Trik Berjualan melalui Status Whatsapp

Tips & Trik Berjualan Menggunakan WhatsApp Status
On Mon,15 June 2020

Informasi Umum / Tips & trik berjualan menggunakan WhatsApp Status

Promosi Marketplace, Strategi Tingkatkan Penjualan Bisnis
On Sat,13 June 2020

Informasi Umum / Promosi Marketplace, Strategi Tingkatkan Penjualan Bisnis