Di era digital ini, berjualan secara online adalah salah satu kiat untuk mampu bertahan dan berkembang untuk dapat bersaing dengan kompetitor dari produk sejenis. Namun demikian, terjun di dunia jualan online juga tidak mudah. Banyak lika-liku dan strategi yang harus diterapkan agar bisa mencapai target penjualan yang diharapkan.

Kali ini Wolacom akan bagikan tips panduan berjualan online yang ampuh untuk Anda. Berikut ulasannya:

• Mengenali nilai jual produk (unique selling points)

Mindset pertama yang perlu ditanamkan saat memulai bisnis adalah memastikan produk atau jasa yang ditawarkan merupakan pilihan terbaik bagi konsumen. Hal tersebut dapat dilihat melalui harga yang terjangkau, kualitas terbaik, atau merupakan produk yang pertama ada. Aspek selanjutnya adalah kelebihan yang dimiliki produk Anda dibandingkan dengan kompetitor. Disinilah unique selling points (USP) tersebut berada. Contoh yang familiar yaitu FedEx yang memberikan jaminan paket sampai dalam semalam atau Starbucks yang menyediakan beragam pilihan minuman kopi dengan kualitas premium. USP inilah ciri khas yang membedakan suatu produk dengan produk lainnya.

• Membuat toko online sendiri

Walaupun saat ini tersedia banyak wadah untuk toko online seperti marketplace Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya. Namun, Anda tentu paham bahwa persaingan di marketplace juga sangat ketat. Termasuk berebut calon pelanggan dengan memasang harga terbaik, pelayanan cepat, reputasi lewat rating, dan masih banyak lagi. Untuk dapat memenangkan kompetisi dengan pesaing dari toko lain tersebut dibutuhkan strategi online operational yang tepat dan efisien. Jika tidak, toko Anda akan tenggelam dalam persaingan tersebut.

Namun demikian jika Anda berhasil memenuhi target penjualan, pelanggan yang berbelanja di marketplace umumnya kurang memperhatikan merek atau brand yang Anda usung. Sehingga untuk Anda yang bermaksud membangun brand awareness, harus paham bahwa peluang brand menjadi terkenal di sebuah marketplace cukup kecil.

Sebaliknya, toko online sangat strategis untuk membangun sebuah brand. Walaupun tidak dipungkiri awal pembuatan website terbilang cukup rumit dan memiliki teknis tertentu untuk dapat berjalan dengan baik. Meski demikian melalui toko online Anda dapat memiliki kendali atas semua data. Termasuk informasi penjualan seperti tren penjualan dari waktu ke waktu, demografi pembeli, hingga model produk yang disukai pelanggan serta data kontak pelanggan yang dapat digunakan untuk retargeting. Selain itu Anda juga memiliki kebebasan untuk mengatur promo, konten, layanan konsumen, etalase toko, mengatur reseller dan masih banyak lagi. Beragam keuntungan untuk Anda yang sedang berusaha membangun sebuah brand serta menunjukkan profesionalisme bisnis.

• Mempelajari dan memahami data

Data merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Untuk itu setiap pelaku bisnis berkewajiban untuk mempelajari dan memahami data, terutama mengenai penjualan dan data lain yang berkaitan dengan promosi. Dari data tersebut dapat diketahui produk dengan penjualan tertinggi, produk yang disukai pelanggan, hingga trafik penjualan yang tinggi hingga terendah. Sehingga dapat dilakukan riset mengenai produk dan selera pasar untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Begitu juga untuk memproyeksikan target pemasaran dan pembuatan produk baru dengan memperhatikan tren high and low season.

Selain data untuk produk, Anda juga dapat mempelajari data terkait performa website secara keseluruhan. Baik demografi pelanggan hingga halaman mana yang paling sering di buka di toko Anda. Termasuk mencari tahu performa website kompetitor dalam industri yang sama, mengetahui kata kunci populer, faktor yang menyebabkan user meninggalkan website, hingga waktu yang tepat untuk memberikan promosi melalui metric Google Analytics khusus bisnis.

• Membuat deskripsi produk yang menarik

Copywriting adalah pelengkap semua usaha promosi untuk dapat meyakinkan pembeli memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan mampu menjangkau sisi emosional pelanggan melalui pengemasan yang tepat pada produk, Anda bisa menggunakan strategi ini sebagai bagian dari kunci sukses bisnis. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui produk dan target konsumen yang Anda inginkan untuk kemudian dapat membuat deskripsi produk yang menarik dan memberikan dampak pada penjualan dan brand Anda.

• Menggunakan strategi content marketing

Teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten, content marketing, ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik audiens dengan menyajikan konten relevan, penting, dan bermanfaat bagi pembaca. Umumnya, semakin bagus dan bermanfaat maka suatu konten akan semakin mudah ditemukan dalam mesin pencarian Google. Hal inilah yang dapat menambah peluang untuk mendapatkan untung serta calon pelanggan.

Namun demikian perlu diingat bahwa konten yang disajikan harus strategis agar tujuan pemasarannya dapat terlaksana dengan optimal. Salah satu strategi yang dapat Anda coba adalah lewat pembuatan blog bisnis. Dengan menunjukkan sisi friendly bisnis Anda, kesempatan investasi jangka panjang, membangun hubungan dekat dengan calon pelanggan, melakukan pengumpulan data, serta meningkatkan reputasi dapat dilakukan dengan rapi dan terencana.

• Aktif di social media

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, bisa menjadi pintu perkenalan yang jitu untuk sebuah produk atau jasa. Pengguna media sosial yang berkisar usia 18-34 tahun dan sebanyak 93% menjadikan sosial media sebagai cara berkomunikasi dengan brand (customer service) adalah peluang yang besar untuk mengenalkan dan mengembangkan brand. Tak heran dengan media engagement yang cukup besar, seperti aktivitas follow akun, komentar, like, membagikan komentar, Anda telah berinvestasi untuk branding yang cukup baik. Pengguna sosial media yang tertarik atau telah membeli produk atau jasa bisnis Anda tersebut kemungkinan akan merekomendasikan pada orang sekitarnya.

• Word of mouth marketing

Strategi marketing ini tak bisa dipungkiri sangat berpengaruh terhadap bisnis. Kesan, kritik, dan saran dari pelanggan memiliki andil dalam perkembangan keseluruhan bisnis Anda. Oleh sebab itu memastikan review dan rating tetap terjaga dengan baik penting untuk dapat menarik calon pelanggan yang berniat membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, konsep word of mouth marketing dengan menggunakan tokoh seperti selebgram juga diketahui efektif. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk mencoba menganggarkan budget untuk strategi marketing ini, termasuk social media marketing.

• Mempertahankan pelanggan

Umumnya dalam penjualan suatu produk ataupun jasa, sekitar 60-70 persen akan terjual pada pelanggan lama dan hanya sekitar 5-20 persen terjual pada pelanggan baru. Artinya sekitar 80 persen keuntungan bisnis Anda diperoleh dari pelanggan lama. Oleh karena itu, merawat hubungan baik dengan pelanggan sangatlah penting.

Selain memperhatikan faktor yang mengganggu hubungan dengan pelanggan dari kompetitor, seperti persaingan harga dan promo, sebaiknya Anda juga tetap memperhatikan pelayanan dan kualitas produk. Termasuk mencoba menggunakan strategi email marketing yaitu membuat landing page untuk mengumpulkan kontak pelanggan dan membuat newsletter atau konten yang dikirimkan untuk mempertahankan relasi dengan pembeli.

• Mengadakan promo

Kata promo, diskon, dan sale selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Oleh karena itu rutin mengadakan promo atau diskon dapat menjadi strategi yang baik untuk menarik pembeli. Namun demikian pastikan bahwa kegiatan promo tersebut tidak merugikan keuangan perusahaan. Anda perlu memastikan bahwa pelanggan juga tertarik untuk membeli produk Anda karena kualitasnya memang terbiak dan memiliki kelebihan serta daya tawar yang tinggi dibandingkan produk serupa.

Nah, demikian panduan lengkap untuk mampu bersaing dan sukses berjualan online bagi pemula. Semoga bermanfaat.



Sumber: www.niagahoster.co.id

Siap Memulai Toko Online Anda Sendiri?


Artikel Pilihan Lainnya

Cara Posting di Social Media Facebook, Instagram - Online Marketing Guidance
On Fri,03 July 2020

Tips dan Trik / Cara Posting di Social Media Facebook, Instagram - Online Marketing Guidance

Cara Membuat Account Marketplace Tokopedia, Shopee & Bukalapak - Online Marketing Guidance
On Fri,03 July 2020

Tips dan Trik / Cara Membuat Account Marketplace Tokopedia, Shopee & Bukalapak - Online Marketing Guidance

Trik Berjualan melalui Status Whatsapp - Online Marketing Guidance
On Thu,02 July 2020

Tips dan Trik / Trik Berjualan melalui Status Whatsapp

Tips & Trik Berjualan Menggunakan WhatsApp Status
On Mon,15 June 2020

Informasi Umum / Tips & trik berjualan menggunakan WhatsApp Status

Promosi Marketplace, Strategi Tingkatkan Penjualan Bisnis
On Sat,13 June 2020

Informasi Umum / Promosi Marketplace, Strategi Tingkatkan Penjualan Bisnis