Aplikasi komunikasi dengan berbagai fitur ini dapat digunakan untuk bertukar informasi, baik berupa teks, foto, video, dokumen, lokasi, maupun panggilan suara. Pesan yang dikirim melalui aplikasi Whatsapp menggunakan keamanan enkripsi end-to-end sehingga tidak ada pengguna pihak ketiga yang dapat mengakses informasi di dalamnya.

Oleh karena itu, WhatsApp juga dapat dimanfaatkan untuk berjualan produk melalui fitur chat dan fitur statusnya. Berikut beberapa tips untuk memperluas pemasaran produk yang Anda miliki.

• Melengkapi identitas akun Whatsapp

Hal ini bertujuan agar akun Anda mudah diingat dan ditemukan oleh pelanggan. Identitas tersebut dapat Anda atur dengan memasang foto profil yang unik dan menggambarkan toko / produk yang Anda jual. Selain foto, nama unik juga dapat memudahkan calon pelanggan untuk menemukan akun toko Anda.

• Mencantumkan nomor Whatsapp pada toko online atau media sosial

Menggunakan semua platform media sosial dan toko online dengan baik termasuk mencantumkan nomor WhatsApp juga dapat turut mempromosikan produk Anda. Nomor-nomor yang menghubungi Anda untuk menanyakan produk yang Anda jual dapat Anda simpan di kontak HP Anda. Selanjutnya berikan nama kontak-kontak tersebut menggunakan nama yang khas. Misalnya jika produk jualan Anda adalah sepatu, Anda dapat menamakan kontak pelanggan dengan “Sepatu Alex”. Artinya pelanggan bernama Alex yang pernah bertanya mengenai produk kita dan diawali kata “Sepatu” dimaksudkan agar terkelompok pada kontak HP kita. Dengan cara seperti ini calon pelanggan yang sebelumnya sudah bertanya mengenai produk kita, dapat melihat pembaharuan-pembaharuan melalui WhatsApp status kita. Ini akan mempermudah pelanggan mengakses informasi terbaru produk-produk kita dan berpotensi besar membeli kembali produk Anda.

• Sering update status dengan konten unik terkait produk

Anda dapat memposting mengenai informasi produk-produk terbaru, informasi diskon, informasi komunitas produk, tutorial yang berkaitan dengan produk Anda, testimoni produk dan informasi lainnya. Sajikan konten seunik mungkin agar menarik perhatian pelanggan.

• Melakukan broadcast

Fitur ini merupakan cara untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang sekaligus dalam satu waktu. Cara ini efektif dilakukan untuk memberi informasi kepada pelanggan Anda mengenai update produk terbaru atau informasi-informasi yang berkaitan dengan produk Anda yang dibutuhkan pelanggan.

• Membuat grup khusus pelanggan

Sebuah wadah agar pelanggan lebih mudah mendapatkan dan berbagi informasi terbaru mengenai produk yang Anda jual. Pastikan informasi yang di posting di dalamnya adalah informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dan bermanfaat untuk pelanggan. Hindari memposting informasi yang tidak bermanfaat dan kurang informatif.

• Memberikan pelayanan terbaik

Mempelakukan pelanggan dengan baik, termasuk memberikan komentar terbaik untuk setiap pertanyaan dan tanggapan dari pelanggan Anda adalah kewajiban agar relasi dengan pelanggan tetap terjaga.

Demikian beberapa tips dan trik bermanfaat untuk berjualan menggunakan WhatsApp Status. Semoga bermanfaat.



Sumber: www.resellerdropship.com

Siap Menjalankan Bisnis Online Anda lewat WhatsApp?


Artikel Pilihan Lainnya

Guidelines Customer Service Online Shop - Online Marketing Guidance Wolamart
On Thu,30 July 2020

Info / Guidance Customer Service Online Shop

Cara Posting di Social Media Facebook, Instagram - Online Marketing Guidance
On Fri,03 July 2020

Tips dan Trik / Cara Posting di Social Media Facebook, Instagram - Online Marketing Guidance

Cara Membuat Account Marketplace Tokopedia, Shopee & Bukalapak - Online Marketing Guidance
On Fri,03 July 2020

Tips dan Trik / Cara Membuat Account Marketplace Tokopedia, Shopee & Bukalapak - Online Marketing Guidance

Trik Berjualan melalui Status Whatsapp - Online Marketing Guidance
On Thu,02 July 2020

Tips dan Trik / Trik Berjualan melalui Status Whatsapp

Promosi Marketplace, Strategi Tingkatkan Penjualan Bisnis
On Sat,13 June 2020

Informasi Umum / Promosi Marketplace, Strategi Tingkatkan Penjualan Bisnis