Cart Website Marketing
Jasa Pembuatan Website
Jasa Toko Online
Marketing Online
Jasa SEO
Social Media Marketing
Online Operational
Jasa Foto Produk
Google Adwords
Semua Jasa Wolacom
Cara dan Kebiasaan untuk Menghentikan Penyebaran Virus CoVid-19

Cara dan Kebiasaan untuk Menghentikan Penyebaran Virus CoVid-19

Penyebaran CoVid-19 yang sangat cepat, memaksa berbagai elemen masyarakat untuk tanggap dan bertindak bijaksana agar virus tidak semakin menyebar. Namun demikian masih banyak di antara kita yang masih belum mengetahui penyebaran dan tindakan yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran virus CoVid-19 ini.

CoVid-19 adalah sebutan untuk virus Corona yang pertama kali dilaporkan dari Wuhan, China, di akhir tahun 2019 serta mengakibatkan gejala seperti batuk hingga pneumonia dan kematian. Namun demikian, beberapa orang yang positif terkena virus ini dilaporkan tidak memiliki gejala atau asimptomatik.

Dari sebuah laman (www.cougarboard.com) disebutkan bahwa para pegawai raksasa teknologi China, Huawei, mendapatkan kesempatan menanyakan beberapa hal kepada Professor Zhang Wenhong, Kepala Tim Medis Coronavirus Shanghai terkait CoVid-19. Beberapa poin utama yang bisa diambil adalah sebagai berikut:

Temperatur

Covid-19 tidak akan hilang akibat peningkatan temperatur, namun demikian new coronavirus dapat dinon-aktifkan pada temperatur 50oC. Disebutkan pula kecuali pada daerah equatorial atau garis khatulistiwa, virus corona ini kemungkinan tidak bisa dimusnahkan pada sebagian besar kondisi lingkungan.

Vaksin

Kita tidak bisa mengharapkan vaksin dapat segera diperoleh di masyarakat dalam waktu dekat. Saat ini penelitian dan pengembangan vaksin terpesat dilakukan antara China dan Amerika Serikat. Di antara keduanya, China dan Prancis sedang bekerja sama dalam penelitian vaksin, termasuk percobaan pada monyet (primata). Setidaknya dibutuhkan paling tidak satu setengah tahun hingga vaksin dapat dipasarkan.

Waktu

Diperkirakan pandemi global ini akan berakhir sekitar 1 hingga 2 tahun. Region yang secara umum berada dalam kendali adalah Asia Timur dan Asia Tenggara termasuk Jepang, Singapura, dan sebagainya.

Negara

Saat ini Profesor Zhang mengkhawatirkan negara-negara seperti India, Amerika Selatan, dan Afrika. Umumnya dikarenakan kondisi medis yang cukup rendah, diet dan suplai nutrisi yang buruk.

Gejala

Demam dan batuk bukan indikasi CoVid-19 yang serius. Pada daerah dengan kondisi sistem medis yang buruk, jika mengalami gejala di atas, sangat disarankan untuk melakukan isolasi di dalam rumah dan melakukan penyembuhan pribadi alih-alih menuju rumah sakit yang telah penuh dan justru berisiko terkena kontaminasi silang. Namun jika memiliki tanda-tanda seperti kesusahan saat naik tangga setidaknya 3 lantai atau saat berjalan pada permukaan datar sekitar 200 m karena kesulitan bernapas dan sesak napas. Sebaiknya segera menuju atau menghubungi layanan kesehatan terdekat.

Diet dan kebiasaan

Secara umum, kebanyakan orang yang dapat sembuh dari penyakit ini karena mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Professor Zhang menyarankan untuk mengonsumsi protein yang cukup seperti dua butir telur, dua gelas susu, dan satu makanan dengan ikan serta satu makanan dengan daging sapi.

Kesehatan

Selama pandemi, jangan bekerja secara berlebihan karena kelelahan dapat memicu penurunan imunitas. Jaga kesehatan tubuh dan pastikan tidak kekurangan nutrisi. Pertahankan berat badan ideal, jangan terlalu kurus ataupun terlalu gemuk karena dapat memicu masalah kesehatan yang serius. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan-jalan untuk menjaga fleksibilitas tubuh. Pastikan pula istirahat atau tidur dengan cukup, terutama jangan begadang karena dapat mengganggu kerja metabolisme dalam tubuh.

Penyebaran

Secara umum, penyebaran utama dari virus ini adalah permukaan benda yang telah terkontaminasi new coronavirus. Virus yang menyebar melalui droplets (cairan dari pernapasan) dan dapat ditularkan melalui batuk dan bersin ini diketahui masih dapat hidup selama beberapa jam hingga beberapa hari pada permukaan benda-benda seperti elevator, meja, ponsel, plastik dan sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan kewaspadaan terhadap penyebarannya perlu ditingkatkan.
Oleh karena itu, berikut ini Wolacom bagikan beberapa kebiasaan atau cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan penyebaran CoVid-19:

Menerapkan Physical Distancing

Salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran virus CoVid-19 adalah dengan menerapkan physical distancing sebaik-baiknya. Physical distancing dapat memaksa semua lapisan masyarakat untuk bertanggung jawab dalam memperlambat infeksi virus Corona antar manusia lewat batasan interaksi dan jaga jarak. Terutama saat berkomunikasi dengan orang lain bahkan dengan menggunakan masker sekalipun, pastikan untuk menerapkan jarak aman dan tidak berkumpul dengan orang lain.

Dengan demikian, diharapkan akan terjadi penurunan pasien terinfeksi sehingga beban petugas kesehatan dalam mengobati pasien semakin turun. Sehingga dapat memaksimalkan penyembuhan pada orang yang benar-benar sakit.

Menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk

Menerapkan etika bersin dan batuk dengan baik juga dapat menghentikan penyebaran CoVid-19 dengan cukup efektif. Setiap orang yang sakit harus paham bahwa dirinya mampu menularkan virus dengan cepat. Dengan demikian maka semakin sedikit orang yang terinfeksi akibat kecerobohan sebagian orang yang tidak mau peduli pada kesehatan orang lain.

Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Mencuci tangan setidaknya 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir bisa menjadi cara yang efektif selanjutnya untuk menghindarkan kemungkinan virus dapat masuk ke dalam tubuh. Terutama setelah Anda memegang permukaan benda yang tidak Anda bersihkan sebelumnya, bersalaman, atau beraktivitas di luar ruangan. Jika tidak tersedia sabun dan air, Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebelum makan, menyentuh permukaan wajah, atau aktivitas lainnya.

Membersihkan permukaan benda di sekitar

Melakukan desinfeksi secara teratur terhadap permukaan yang digunakan sehari-hari seperti meja, ponsel, gagang pintu, dan sebagainya sangat penting dilakukan. Secara tak sadar kita akan memegang benda yang berada di sekitar kita. Oleh sebab itu penting untuk memastikan terlebih dahulu permukaan benda tersebut telah bersih dan terbebas dari kuman dan virus lewat desinfeksi rutin. Anda dapat menggunakan cairan desinfektan atau jika kesulitan memperoleh, bisa melarutkan salah satu bahan seperti pembersih lantai (karbol), atau cairan pemutih untuk desinfeksi.

Mengedukasi diri dengan informasi yang akurat

Dengan pengetahuan yang minim maka orang akan cenderung mengabaikan atau tidak peduli sehingga dapat bertindak ceroboh dan membahayakan diri sendiri serta orang lain. Oleh sebab itu, memastikan diri memperoleh informasi yang benar sangat penting dilakukan. Beberapa informasi penting, baik terkait definisi hingga cara penyebaran virus Corona perlu kita dapatkan untuk memberikan kewaspadaan bagi setiap lapisan masyarakat sehingga lebih mudah untuk menghindari hal-hal yang justru memperparah penyebaran CoVid-19.

Demikian cara atau kebiasaan yang dapat menghentikan penyebaran virus CoVid-19. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan Anda.

Mari menjaga keselamatan bersama dengan mengurangi kegiatan di luar rumah, terutama di tempat yang ramai.

Dengan tindakan yang bijak dan tepat kita pasti bisa melewati masa-masa ini bersama dengan baik.

Saatnya #dirumahaja #StayHome untuk bersama-sama menghentikan penyebaran CoVid-19.


Sumber gambar: freepik.com

Tertanggal 11 Maret 2020 lalu, WHO telah mendeklarasikan CoV...

Persaingan didalam dunia perdagangan online semakin hari sem...

Menentukan nama untuk website atau blog Anda bisa sangat mem...

Membuat akun Twitter dan Facebook tidaklah suatu hal yang su...

Sudah seharusnya layanan pelanggan (customer service) menjad...

Send Message